Image Image Image Image Image
X

PEMBUAT FILM

JOSHUA OPPENHEIMER
Sutradara

Lahir pada 1974, di Texas, Amerika Serikat. Joshua Oppenheimer telah bekerja selama lebih dari satu dekade dengan anggota-anggota milisi, pasukan pembunuh, dan korban-korbannya untuk mengeksplorasi hubungan antara kekerasan politik dan imajinasi masyarakat luas. Mendapatkan pendidikan di Harvard University dan Central St Martins College, London, telah menghasilkan film yang memangkan penghargaan, termasuk The Globalization Tapes (2003, bersama ko-sutradara Christine Cynn), The Entire History of the Louisiana Purchase (1998, Gold Hugo, Chicago Film Festival, Telluride Film Festival), These Places We’ve Learned to Call Home (1996, Gold Spire, San Fransisco Film Festival), dan banyak film pendek lainnya. Joshua adalah Peneliti Utama pada proyek Genosida dan Genre di bawah Dewan Riset Kesenian dan Humaniora Inggris dan telah banyak membuat publikasi dalam tema ini.

Filmografi (akan datang)
– The Look of Silence/Wajah Kesenyapan (judul sementara, dokumenter: satu keluarga penyintas mendatangi orang-orang yang membunuh anak mereka, 2013)

Filmografi (sebagai Sutradara)
– Show of Force (film pendek, 2007)
– The Globalization Tapes (dokumenter, bersama ko-sutradara Christine Cynn, 2003)
– Land of Enchantment (film pendek, bersama ko-sutradara Christine Cynn, 2001)
– The Entire History of The Louisiana Purchase (50 menit, 1997; Gold Hugo, Chicago Film Festival, 1998; Telluride Film Festival, 1997; Best Experimental Film, New England, 1998)
– These Places We’ve Learned to Call Home (film pendek, 1997; Gold Spire, San Francisco Film Festival, 1997.

SIGNE BYRGE SØRENSEN
Produser
Signe Byrge Sørensen telah menjadi produser selama 14 tahun. Ia memulai kerjanya di SPOR Media pada 1998, kemudian pindah kerja ke Final Cut Productions ApS pada 2004 dan mendirikan Fnal Cut for Real ApS pada 2009. Signe telah memproduksi berbagai dokumenter di Afrika Selatan, Zimbabwe, Senegal, Thailand, Argentina, Denmark, dan Swedia. Signe menjadi ko-produser dalam film Denmark berjudul Steps for the Future in Southern Africa. Signe memegang gelar MA dalam Studi Pembangunan Internasional dan Studi Komunikasi dari Roskilde University, Denmark, dan lulus EURODOC (2003) dan EAVE (2010). Signe juga mengajar di Roskilde University, the University of Århus, Danish Film School, School of Oriental and African Studies di London dan pelatihan dokumenter ESODOC dan ExORIENTE

Sebagian dari film yang telah diproduksinya adalah: The Kid and the Clown (sutradara Ida Grøn, 2011), Football is God (sutradara Ole Bendtzen, 2010) dan Letters from Denmark (distutradarai 10 sutradara Denmark, 2006). Signe juga telah memproduksi dan menjadi ko-sutradara (bersama Janus Billeskov Jansen) dalam Voices of the World (2005) dan The Importance of Being Mlabri (2007). Ia juga menjadi produser pascaproduksi pada film Everlasting Moments (2008) yang disutradarai oleh Jan Troell dan memenangkan enam penghargaan nasional dan nominasi Golden Globe.

ANONIM
Ko-Sutradara, Produser, dan banyak lainnya

Karena risiko yang dibawa film ini—baik dari segi substansi, metode produksi, dan konteks di sekitar pembuatannya—sangat disayangkan bahwa dalam pertimbangan kami semua rekan kerja dan kru berkebangsaan Indonesia harus disebutkan sebagai sebagai Anonim. Kru Indonesia bekerja dalam bentang yang luas di segala aspek film (mulai dari ko-sutradara, produser, disainer produksi, sinematografi, juru rekam suara, pengelola produksi, tata rias wajah, musik, koreografi, dan dukungan teknis lainnya).

“Dibalik nama-nama terhormat yang bergema dalam sejarah ini terdapat orang-orang luar biasa yang bekerja tanpa lelah untuk mengangkat cerita yang sangat mengganggu ini agar mendapatkan perhatian yang lebih luas. Keberanian mereka telah memungkinkan film ini ada. Tanpa mereka, Jagal/The Act of Killing hanya akan menjadi sekadar gagasan, sebuah angan-angan. Saya juga membawa harapan mereka bahwa kerja bersama ini akan sedikit banyak memberi sumbangsih dalam mengusik kekuatan yang saat ini membentuk dan memerintah Indonesia, menuju suatu keadilan baik bagi perseorangan atau bagi masyarakat. Saya berterima kasih kepada mereka atas kepercayaan mereka terhadap kami dan komitmen luar biasa mereka yang menggerakkan proyek ini.” (Joshua Oppenheimer)

CHRISTINE CYNN
Ko-Sutradara

Christine Cynn telah menyutradari berbagai film dokumenter dan eksperimental selama 14 tahun terakhir. Selama sepuluh tahun terakhir, Christine telah mengembangkan cara baru untuk mendokumentasikan imajinasi manusia. Mendapat pendidikan di Harvard University dan penerima Beasiswa Fullbright ke Uganda, ia juga menjadi ko-sutradara The Globalization Tapes (2003) bersama Joshua Oppenheimer. Christine menulis beberapa naskah seknario untuk FilmFour dan merupakan pendiri Vision Machine Film Project di London. Ia juga adalah peneliti dalam proyek Genosida dan Genre di bawah Dewan Riset Humaniora dan Kesenian Inggris. Christine saat ini mengembangkan sebuah proyek, Science Future, penggabungan dokumenter dengan fiksi mengenai bagaimana para ilmuwan membayangkan masa depan.

ERROL MORRIS
Produser Eksekutif

Errol Morris menjadi produser eksekutif Jagal/The Act of Killing pada awal 2010, setelah Joshua Oppenheimer mempertunjukkan dua jam adegan-adegan yang disunting kasar di kantor Errol di Cambridge, Massachussets. Takjub dibuat film ini, Errol membandingkan materi film ini dengan film favoritnya sepanjang masa, The Emperor’s Naked Army Marches On karya Kazuo Hara. Sejak saat itu Errol menjadi ‘duta besar’ bagi kedua film tersebut dan mengkampanyekan inovasi dalam metode pembuatan film dan bahasanya. Penulis dan pembuat film ini telah membuat Tabloid (2010), Standard Operating Procedure (2008), The Fog of War (2003), Mr. Death: The Rise and Fall of Fred A. Leuchter, Jr. (1999), Fast, Cheap and Out of Control (1997), A Brief History of Time (1992), The Thin Blue Line (1988), Vernon, Florida (1981), dan Gates of Heaven (1978). Ia telah memenangkan banyak penghargaan termasuk Oscar untuk Dokumenter Panjang Terbaik, penghargaan Emmy, dan Grand Jury Prize pada Sundance Film Festival, the Silver Bear pada Berlin International Film Festival, the Golden Horse pada Taiwan International Film Festival dan the Edgar dari Mystery Writers of America. Film-film dokumenternya telah berulang kali muncul dalam banyak daftar “sepuluh terbaik” dan menjadi topik bahasan retrospektif penuh pada Museum Seni Modern di New York pada 1999.

Errol Morris telah menyutradarai lebih dari 1.000 iklan televisi, film pendek pada untuk Penghargaa Oscar 2002 dan 2007serta untuk organisasi amal dan politik seperti Stand up to Cancer dan Moveon.org. Pada 2000-2001, Errol menyutradarai dua musim serial televisi First Person. Ia telah menerima beasiswa dari National Endowment for the Arts, beasiswa Guggenheim dan MacArthur. Pada 2007, ia dilantik sebagai anggota American Academy of Arts and Sciences.

Buku terbarunya Wilderness of Error: The Trial of Jeffrey MacDonald (2012) menelisik sifat-sifat bukti bukti dan alat bukti dalam pengadilan kasus pembunuhan MacDonald yang terkenal itu. Buku sebelumnya, Believing is Seeing: Observations on the Mysteries of Photography, adalah buku terlaris menurut New York Times dan buku penting tahun 2011.

WERNER HERZOG
Produser Eksekutif

Pada bulan Mei 2012, produser eksekutif Inggris, André Singer, memperkenalkan hasil suntingan Jagal/The Act of Killing yang sudah rapi kepada Werner Herzog. Terkagum-kagum dengan filmnya, ia menyebutnya sebagai film yang “tiada duanya dalam sejarah sinema.” Sejak saat itu, ia menjadi kawan seperjalanan yang tak kenal lelah yang mendukung film ini, dan sering memberikan umpan balik kreatif selama tahap akhir penyuntingan.

Werner Herzog lahir di München 5 September 1942. Ia dibesarkan di desa pegunungan terpencil di Bavaria dan mempelajari Sastra dan Sejarah Jerman di München dan Pittsburgh.

Werner membuat film pertamanya pada 1961 ketika berusia 19 tahun. Sejak saat itu ia telah memproduksi, menulis, dan menyutradarai lebih dari 60 film feature dan dokumenter, seperti Even Dwarfs Started Small (1970), Aguirre, The Wrath of God (1972), Stroszek (1977), Nosferatu (1978), Fitzcarraldo (1982), Lessons of Darkness (1992), Little Dieter Needs to Fly (1997), My Best Fiend (1999), Invincible (2000), Grizzly Man (2005), Encounters at the End of the World (2007), The Bad Lieutenant (2009), Cave of Forgotten Dreams (2011), dan Into the Abyss (2012).

Werner Herzog telah menerbitkan lebih dari selusin buku prosa, dan menyutradarai banyak opera. Werner Herzog tinggal di München dan Los Angeles.

ANDRÉ SINGER
Produser Eksekutif

André Singer mendapatkan gelar doktor dari Oxford University sebagai seorang antropolog dengan spesialisasi budaya Iran dan Afghanistan. Ia mulai menekuni film dan televisi pada 1970 ketika bekerja dalam sebuah film bertema budaya untuk Granada Television. Semenjak itu André mengerjakan banyak film dokumenter sebagai peneliti, produser, sutradara, produser eksekutif, dan commissioning editor. Ia adalah Editor Serial Disappearing World, lalu mengepalai Unit Independen Departemen Dokumenter BBC dan di situ ia memrakarsai serial Fine Cut (kemudian menjadi Storyville) dan bekerja dengan Jean Rouch, Werner Herzog, D.A. Pennebaker dan Fred Wiseman.

Sebagai produser independen, ia mendirikan Café Productions dan kemudian West Park Pictures (sekarang perusahaan ini dimiliki oleh DCD Media). André saat ini bertugas di Komite TV BAFTA, selain menjadi anggota dewan Documentary Campus, Wakil Presiden Institut Antropologi Kerajaan Inggris dan Ketua Komisi Film lembaga tersebut. André telah menghasilkan beberapa ratus jam program faktual untuk pasar TV internasional dan menjadi produser atau produser eksekutif dari 14 film Werner Herzog sejak Lessons of Darkness pada 1992.

ANNE KÖHNCKE
Produser

Anne Köhncke memegang gelar MA dalam bidang Film dan Media. Dia memiliki spesialisi dalam bidang pembiayaan dokumenter di negara-negara Skandinavia, Finlandia, Islandia, dan Kepulauan Faroe. Ia bergabung dengan Final Cut for Real pada 2009, setelah menjabat sebagai Commissioning Editor di DR2. Sebelumnya ia menjadi Eksekutif Penjualan pada TV2 World, dan pernah bekerja untuk EDN dan Filmkontakt Nord. Anne mengikuti Eave Producer Workshop pada 2011. Anne memproduksi Football is God (disutradarai oleh Ole Bendtzen, 2010), The Kid and The Clown (sutradara Ida Grøn, 2011) and Returned (sutradara Marianne Hougen-Moraga, 2011).

Saat ini Anne sedang mengembangkan serial Cathedrals of Culture bersama Neue Road Movies di Berlin dan 10 sutradara yang telah banyak mendapatkan penghargaan termasuk Wim Wenders, Michael Glawogger, Victor Kossakovsky dan Michael Madsen.

JORAM TEN BRINK
Produser dan Produser Eksekutif

Joram Ten Brink bekerja sebagai penulis, sutradara, dan produser film dokumenter dan eksperimental di Inggris dan Belanda. Berbagai filmnya telah disiarkan dan diputar di bioskop di Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Israel, Perancis, Jerman, dan Spanyol. Karya-karyanya telah diputar di berbagai festival film internasional dan museum, termasuk festival film Berlin dan Rotterdam dan di Museum Seni Modern (MOMA) New York. Bukunya yang terbaru termasuk Building Bridges: the Cinema of Jean Rouch (2007, Wallflower Press) dan Killer Images: Documentary Film, Memory and the Performance of Violence (2012, Columbia University Press). Joram ten Brink adalah Profesor Film pada University of Westminster di London dan mengepalai program PhD berbasis praktik dalam bidang perfilman.

TORSTEIN GRUDE
Ko-Produser

Torstein Grude adalah sutradara, sinematografer, dan produser yang telah banyak memenangkan penghargaan. Ia adalah pendiri dan mitra dalam Piraya Film, Hinterland Nova, dan Kudos Family Distribution. Produksi terbarunya termasuk Belarusian Waltz (sutradara Andrzej Fidyk, 2007) yang mendapatkan nominasi dalam Emmy, finalis Joris Ivens Yodok Stories (sutradara Andrzej Fidyk, 2009) dan pemenang Chicago Film Festival On a Tightrope (Sutradara Petr Lom, 2007). Torstein baru-baru ini juga memproduksi Gulabi Gang (sutradara Nistha Jain, 2012), yang di ko-produksi oleh Final Cut for Real, dan memenangi penghargaan Grimstad Film Festival Documentary pada 2012.

CARLOS ARANGO DE MONTIS
Sinematografer

Carlos Arango de Montis adalah kameraman dan pengarah fotografi dalam banyak dokumeter terkemuka dan film feature yang diproduksi di Amerika Latin akhir-akhir ini, termasuk karya Diego Luna yang memotret petinju Meksiko legendari, J.C. Chavez (2007, Tribeca Film Festival) dan karya Maria Roque Papa Ivan (2004, Best Documentary, Havana Film Festival). Film fiksi yang ditangani sinematografinya termasuk karya Newton Aduaka Ezra (2007, Sundance, Cannes, FESPACO Grand Prix) dan Rage (2001, Film Terbaik sebagai Karya Pertama FESPACO) juga Violet of a Thousand Color (Colombian Film Award, 2005) dan Stories of Disenchantment (2005).

LARS SKREE
Sinematografer

Pada awalnya belajar dari fotografer Denmark Morten Bo, Lars Skree mendirikan agensi foto Modlys pada 1988, dan telah malang melintang di seluruh dunia, dari Irak sampai Afghanistan, dan pameran di Tembok Berlin, akhir Cekoslowakia, meliput intifada sampai Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Ia lulus dari Danish National Film School pada 1997. Karyanya yang memenangkan penghargaan termasuk Armadillo (mendapatkan empat nominasi Emmy termasuk sinematografi), Ticket to Paradise, Love on Delivery, Freeway, dan Svenkas. Ia telah banyak menghasilkan film dokumenter di seluruh dunia dan berbagai film feature Denmark, juga iklan.

NIELS PAGH ANDERSEN
Editor

Niels Pagh Andersen memulai karirnya sebagai asisten bagi dua editor yang mempengaruhi sinema Denmark: Christian Hartkopp dan Janus Billeskov Jansen. Menjadi editor lepas sejak 1979, ia telah mengedit lebih dari 200 judul film feature, dokumenter, film pendek dan pendidikan, acara televisi, dan iklan, di antaranya The Three Rooms of Melancholia (sutradara Pirjo Honkosalo, Venice Film Festival, 2004, CPH-DOX First Prize (berbagi penghargaan), Prix Italia) dan Everlasting Moments (sutradara Jan Troell, nominasi Golden Globe, mewakili Swedia dalam Oscar 2008).

Niels pernah bekerja di Swedia, Norwegia, dan Finlandia, Italia, Jerman, Swiss, Inggris, Amerika Serikat, Brazil, Zimbabwe, dan Kepulauan Fiji. Ia juga adalah dosen tamu reguler. Pada 2005, ia menerima Roos Award dari Danish Film Institute.

JANUS BILLESKOV JANSEN
Editor

Sejak 1970, Janus Nilleskov Jansen telah menyunting banyak film feature yang mendapat pujian internasional dan film dokumenter, serta menyutradarai berbagai dokumenter produksi Denmark. Ia telah bekerja dengan banyak sutradara Denmark ternama selama 30 tahun terakhir, terutama kerja sama kreatifnya yang panjang dengan sutradara pemenang Oscar Bille August. Kerjasama mereka menghasilkan, misalnya, Les Miserables (1998), The House of The Spirits (1993), The Best Intentions (1992, Palme d’Or, Cannes) dan Pelle the Conqueror (1988, Palme d’Or, Cannes; Oscar untuk Film Bahasa Asing Terbaik; Golden Globe Award untuk Film Asing Terbaik).

Karya terbarunya mencakup The Hunt, (2012, disutradarai oleh Thomas Vinterberg), The Girl with the Dragon Tattoo (2009, sutradara Niels Arden Oplev) dan Burma VJ: Reporting from a Closed Country (2008, sutradara Anders Østergaard; mendapatkan penghargaan World Cinema Editing Award pada Sundance 2009, Joris Ivens Award 2008, Grierson Award 2008, dan nominasi Piala Oscar). Ia mengajar pengembangan naratif dan penyuntingan di The National Film School of Denmark. Ia memenangi Danish Film Academy Award pada 1984, 1988, dan 1995 serta Bodil Lifetime Achievement Award pada 2005.

CHARLOTTE MUNCH BENGTSEN
Editor

Pada awalnya belajar menari dan koreografi, Charlotte Munch Bengsten mempelajari pengedita film di National Film and Television School, Inggris. Ia telah menyunting berbagai film dokumenter, termasuk American Losers (disutradarai oleh Ada Bligaard Søby, 2006), Tankograd (sutradara Boris Bertram, 2011), Complaints Choir (sutradara Ada Bligaard Søby, 2009), dan yang paling baru The Bastard Sings The Sweetest Song (disutradarai oleh Christy Garland, 2012).

ARIADNA FATJÒ-VILAS MESTRE
Editor

Tinggal di London, dan merupakan lulusan National Film and Television School, Inggris, Ariadna Fatjó-Vilas Mestre telah menyunting banyak film fiksi, dokumenter, animasi, dan iklan, termasuk film oleh Ana Viana, Eva Weber, Nicola Mills, Aine O’Brien dan Alan Grossman yang memenangi berbagai penghargaan. Ia telah memproduksi berbagai karya untuk stasiun TV besar BBC, Channel 4, PBS, RTE dan MTV.

MARIKO MONTPETIT
Editor

Bekerja melintasi fiksi dan dokumenter, seni rupa dan pertunjukkan, sentuhan penyuntingan Mariko Montpetit dalam film feature meliputi The Sweeney, Sex, Needles and Roubles, Virtual Borders dan A Journey to Africa. Karyanya di bidang seni pertunjukkan termasuk sebuah kolaborasi Cirque du Soleil, Laila Diallo dan banyak produksi lain bersama Simon McBurney dan Complicite.

FINAL CUT FOR REAL APS, DENMARK

Final Cut for Real bertujuan memproduksi dokumenter kreatif berkualitas untuk penonton internasional. Kebijakan perusahaan didasarkan pada rasa ingin tahu, keberanian, dan merangkul sutradara dengan ambisi artistik. Final Cut for Real mencari cerita yang menarik, karakter yang kuat, dan analisis sosial yang mendalam—dan juga memberi sentuhan humoristik pada film.

Metode yang digunakan adalah kerja sama yang erat antara produser Final Cut dengan sturadara sejak film masih berupa gagasan sampai tahap akhir pembuatannya, dan terus menerus bertukar pikiran dan saling memberikan umpan balik. Final Cut for Real memiliki berbagai bidang keahlian dalam pengembangan dan produksi film—dan bekerja dengan bakat-bakat muda, juga dengan banyak pembuat film yang berpengalaman, untuk menciptakan sebuah kerja sama produktif antara pengalaman dan pendekatan baru dalam pembuatan film dokumenter.

Salah satu produksi terbaru adalah Football is God karya Ole Bendtzen (2010), The Kid and the Clown karya Ida Gron (2011) dan Returned yang disutradarai oleh Marianne Hougen-Moraga (2011). Salah satu ko-produksi adalah Gulabi Gang oleh Nistha Jain dengan Piraya Film di Norwegia dan Canned Dreams karya Katja Gauriloff bersama Oktober Oy di Finlandia.

Film-film Final Cut for Real seringkali didukung oleh Danish Film Institute, Danish dan kementerian di negara-negara Skandinavia, Finlandia, Islandia, dan Kepulauan Faroe, serta berbagai LSM. Kami biasanya bekerja sama dengan saluran televisi publik di negara-negara Skandinavia, Finlandia, Islandia, dan Kepulauan Faroe (DR, TV2 Denmark, SVT, YLE, NRK, TV2 Norwegia) dan secara teratur dengan saluran televisi di Eropa dan internasional seperti VPRO (Belanda), ZDF/Arte (Perancis/Jerman), More4 (Inggris), SBS (Australia), IBA (Israel), dan kadang-kadang NHK (Jepang), VRT (Belgia), Al Jazeera dan Al Arabiya. Berbagai film produksi Final Cut for Real telah memenangkan penghargaan di Denmark, negara-negara Skandinavia, dan penghargaan internasional, serta telah diputar di berbagai festival di seluruh dunia.

PIRAYA FILM AS, NORWEGIA

Piraya Film adalah sebuah perusahaan produksi independen yang berbasis di Stavanger, Norwegia. Perusahaan ini didirikan pada 1999 oleh pembuat film Torstein Grude dan Trond Kvist dengan tujuan membuat dokumenter kreatif berkualitas untuk penonton internasional. Perusahaan ini telah membuat 20 produksi sejak didirikan dan banyak menerima pengakuan dan nominasi serta penghargaan, seperti nominasi Emmy 2009, finalis Joris Ivens finalist, Pemenang Jerusalem Film Festival, Pemenang Golden Chair di Norwegian Film Festival, Pemenang Chicago Intl Film Festival. Salah satu karya terbaru adalah dokumenter mengenai masalah hak-hak azasi manusia di Korea Utara, Gergia, Belarusia, dan Cina, misalnya, Yodok Stories, Russian Lessons, On a Tightrope dan Belarusian Waltz. Piraya Film juga sering terlibat dalam ko-produksi internasional.

NOVAYA ZEMLYA LTD., INGGRIS

Novaya Zemlya Ltd adalah perusahaan produksi independen yang didirikan tahun 2008 untuk memproduksi eksplorasi filmis Joshua Oppenheimer dan Christine Cynn mengenai genosida 1965-1966.

SPRING FILMS LTD, INGGRIS

Spring Films adalah perusahaan produksi berbasis di London yang mengkhususkan diri pada ko-produksi internasional dan film dokumenter berkualitas untuk televisi, bioskop, DVD, IMAX dan platform multi media. Spring Films telah memperluas tim kreatifnya untuk merangkul beragam sutradara, produser, produser eksekutif, dan commissioning editor yang paling sukses di televisi Inggris. Mereka semua telah menghasilkan ratusan film yang memenangi berbagai penghargaan melalui kerja sama dengan Werner Herzog, Carol Morley, Bettany Hughes, Stephen Fry, Brian Blessed, Michael Palin dan Hugh Laurie.

Dipimpin oleh André Singer, dewan pengurus Spring Films terdiri atas Sir Tom Shebbeare, Richard Creasey, Richard Melman, Lynette Singer, Bob Vallone dan John Paul Davidson. Mereka telah memproduksi ratusan jam acara TV yang memenangi berbagai penghargaan untuk film bioskop dan siaran internasional seperti BBC, Channel 4, ITV, SKY, Channel 5, RTE, Canal +, France 1&2, ARTE, ZDF, SVT, YLE, NRK, VRT, RAI, ABC, SBS, Discovery, National Geographic, PBS, History Canada, the Reader’s Digest Association, ITVS, NHK & CCTV.